Cinta gak cuma satu, ada Jenisnya

Cinta gak cuma satu, ada Jenisnya

Cinta, seribu cerita. Sebuah rasa yang bisa membuat kamu melayang ke langit dan tenggelam ke palung mariana disaat yang bersamaan. Rasa ini bisa membu

5 Tipe Traveler Paling Ngeselin
Saat-saat Yang Sering Bikin Galau, Apa Aja Sih?
Jadi Perfeksionis, Baik atau Buruk hasilnya

Cinta, seribu cerita. Sebuah rasa yang bisa membuat kamu melayang ke langit dan tenggelam ke palung mariana disaat yang bersamaan.

Rasa ini bisa membuat logika berputar 180 derajat dan membuat kamu mabuk kepayang.

kamu punya cinta untuk doi, keluarga dan teman. Sudah terlalu sering kita ngomongin jenis-jenis susu sapi, saat nya kita ngomongin jenis cinta.

Ternyata cinta tidak hanya cinta lho, menurut Yunani kuno ada beberapa jenis cinta di jagad ini. Apa saja itu ?

Agape – Cinta tanpa Syarat.

Dukungan Parpol tanpa Syarat? Mana ada. Ternyata ada lho Cinta tanpa syarat? Masa iya? Kalo cinta sejenis itu memang ada, kamu gak bakalan jomblo saat ini.

Banyak orang yang tidak percaya akan keberadaan jenis cinta Agape karena begitu sedikit orang yang pernah merasakannya.

Biasanya sih jenis cinta ini berhubungan dengan hal Spiritual, misalnya Agama Kristen yang percaya bahwa Yesus Mencintai dunia ini dengan tulus tanpa syarat.

Dia rela mengorbankan diriNya sendiri untuk menebus dosa manusia.

Eros – Romantisme.
Nama Eros di ambil dari dewa Cinta dan kesuburan Yunani. Jenis cinta ini berhubungan dengan romantisme dan hasrat seksual.

Orang Yunani kuno percaya bahwa manusia memiliki insting untuk bereproduksi.

Di zaman modern pun, keberadaan jenis cinta ini tetap di percaya. Kelemahannya, cinta ini sangat bergairah, namun cepat padam.

Philia – Cinta Kasih.

Ini adalah jenis cinta yang di rasakan untuk teman. Orang yunani Kuno merasa jenis cinta ini lebih baik daripada Eros.

Kasih sayang untuk teman-teman kamu itulah Philia, cinta tanpa tindakan seksual.

Cinta tidak selalu berhubungan dengan romantisme, Philia adalah salah satu cinta yang bukan romantisme.

Philautia – Mencintai Diri sendiri.
Bagaimana kita bisa mencintai orang lain kalau tidak mencintai diri sendiri? Kita harus lebih dulu mencintai diri sendiri, dari situlah kita akan belajar untuk mencintai orang lain.

Kita tidak bisa memberikan sesuatu yang tidak kita miliki kepada orang lain, nah jika kamu tidak memiliki cinta untuk diri sendiri maka tidak akan bisa memberikan cinta kepada orang lain.

Philautia bukanlah narsisme, cinta ini mengajarkan kita untuk menyayangi tubuh kita.

Storge – Orangtua ke anak.
Cinta menggambarkan kedekatan. Mirip dengan Philia, ini juga cinta yang tanpa ketertarikan seksual tapi di dalamnya tersimpan ikatan yang kuat, hubungan keluarga dan relasi dengan orang-orang.

Biasanya cinta ini tergambar antara hubungan orangtua-anak.

Pragma – Cinta Abadi.
Ini adalah jenis cinta yang berlawanan dengan eros. Jika eros cepat padam, maka Pragma akan bertahan selamanya.

Eros cenderung cepat padam karena gairah dan intensitasnya. Lain halnya dengan Pragma, Cinta ini berkembang, matang dan akan bertahan dalam waktu yang sangat panjang.

Orang yang menikah dari muda sampai kakek-nenek, tetap berusaha saling membahagiakan  adalah gambaran dari cinta ini.

Di zaman sekarang sih bakalan susah nemu yang beginian,. Zaman sekarang selalu aja lirik yang lebih anu dan lebih anu.

Ngaku aja….

Ludus – Mabok Cinta.

Biasanya remaja sering terjangkit Ludus. Ini adalah tipe yang bikin kamu mabok kepayang 7 keliling.

Ludus adalah cinta yang membuat kamu tergila-gila kepada seseorang di awal-awal pacaran.

Rasanya pusing, meriang dan muntah-muntah kalo gak ketemu dengan si doi sehari aja.

kalo kamu pernah jatuh cinta pasti bakalan ngerti dah..

Studi menunjukkan (eaa.. studi bre)… Studi menunjukkan bahwa otak orang yang kena Ludus sama aktifnya dengan otak mereka yang sedang mengkonsumsi kokain (lagi Fly,…).

Mania – Cinta yang Obsesif.

Cinta yang ini gak  baik ya bre, jangan di tiru entar kamu kena azab kayak di sinetron emoticon-Shutup. Ane cuma ingetin aja..

Okeh, mania adalah jenis cinta yang buruk dan merusak jika tidak di tangani dengan benar.

Mania menuntun seseorang menuju kegilaan, cemburu berlebihan dan marah-marah gaje (gak jelas).

mania membuat seseorang takut kehilangan orang yang mereka cintai, rasa takut ini membuat mereka nekat untuk melakukan hal-hal gila demi mempertahankannya.

Itulah sebabnya jenis cinta ini sering merusak reputasi seseorang.

Itu jenis cinta menurut Orang Yunani Kuno, menurut kamu gimana ??